Sebuah Catatan: “Sebulan di Kampung Inggris-nya Indonesia”

Setelah sebulan lamanya menghabiskan hari di Kampung Inggris Bandung, jawa barat, memberikan pengalaman yang tidak biasa bagi saya. Bisa dibilang ini pengalaman kedua terasyik aku sesudah Program Indonesia Mengajar setahun lalu.

 

Sejak awal, obyek aku ke Pare tidak hanya untuk studi bhs Inggris, tetapi lebih berasal dari itu adalah mengamati Kampung inggris secara umum. Tak ketinggalan untuk jalan-jalan tentunya. Yah, mampu dibilang 40 persen untuk studi bhs Inggris, selebihnya adalah wisata.

 

Kampung Inggris sebenarnya terlalu menarik. Banyak orang berbondong-bondong mampir kesini, Dari sabang hingga Merauke. Pertanyaan yang paling kerap muncul adalah, mengapa menentukan Kampung Inggris di sedang banyaknya tempat kursus bhs Inggris yang lebih bonafit, yang tersebar di seluruh Indonesia? Mengapa bukan English First, Wallstreet, LIA, atau yang lainnya?

 

Sampai sekarang ini sebenarnya menjadi pertanyaan besar. Tapi sesudah menjelajah sepanjang sebulan di sini, aku rasa aku mampu menjawab pertanyaan itu, paling tidak untuk diri aku sendiri. Apa saja itu? Banyak hal. Karena banyaknya, aku tertarik menceritakan kepada siapa pun yang sudi tahu, dalam beberapa bagian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *