Cara Beternak Burung Walet dengan Mudah di Rumah

Bagi anda yang mau menggeluti bisnis sarang burung walet, kami akan memberikan beberapa cara agar bisnis anda lancar dan menguntungkan untuk anda.

Burung walet merupakan salah satu komoditas ekspor di Indonesia yang sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan karena manfaat dari burung walet itu sendiri, termasuk sarang burung walet.

burung walet gambar anakan

Lihat artikel tentang tips merawat burung walet lainnya disini: omkicau.com

Sarang burung walet merupakan obat yang sangat berkhasiat baik untuk kesehatan serta dijual untuk dibuat sup ataupun bahan obat, sehingga harganya menjadi sangat mahal. Pada awal mulanya, orang memburu sarang burung walet di daerah gua yang sulit untuk dijangkau. Namun karena sarang burung walet di alam sudah semakin langka, maka banyak orang yang menggeluti bisnis ternak burung walet, karena pasarnya sangat luas dan menguntungkan. Sekarang sudah banyak bisnis sarang burung walet kelas rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan tempat atau bangunan luas lagi untuk memulai bisnis ini.

Cara Cepat Sukses dan Mudah Bisnis Ternak Burung Walet di Rumah

Budidaya burung walet memang tidaklah sulit seperti yang dibayangkan oleh anda, seperti harus berburu sarang walet di hutan atau gua yang tinggi dengan mempertaruhkan nyawa anda. Akan tetapi anda bisa mengembangkan budidaya walet di rumah, yang mana anda hanya memerlukan rumah atau gedung lainnya yang sudah tidak terpakai yang mau anda pakai untuk beternak sarang burung walet. Maka dari itu langsung saja bisa nada simak ulasan mengenai cara beternak burung walet rumahan di bawah ini:

  1. Pemilihan tempat atau lokasi beternak walet serta cara membuat gedung

Komponen yang satu ini perlu anda perhatikan, karena komponen yang satu ini selalu dianggap tidak penting. Padahal hal semacam ini bisa membuat ternak burung walet menjadi gagal. Syarat lokasi yang tepat untuk beternak burung walet antara lain:

  • Areal yang mau digunakan untuk ternak walet mempunyai ketinggian kurang lebih di bawah 1 km atau dataran rendah sampai ketinggian tersebut.
  • Tempat tersebut bebas dari pemangsa daging seperti kucing, burung pemangsa, dan hewan pemangsa lainnya
  • Tempat atau gedung tersebut harus jauh dari keramaian orang, karena burung walet memang tinggal di dalam gua yang sepi
  • Tempat tersebut juga jangan terlalu jauh dari jangkauan wilayah anda, karena anda harus terus mengecek kondisi kandang walet dan memanen sarangnya.

burung walet

Setelah anda menemukan tempat yang sesuai dengan kriteria di atas, maka anda bisa langsung membangun gedung untuk ternak walet. Dalam membangun gedung pun juga tidak sembarangan, karena harus dibuat sesuai dengan habitat aslinya di dalam gua.

  1. Memilih bibit burung walet dan meningkatkan populasi

Untuk komponen satu ini, anda juga tidak sembarangan dalam memilih bibit. Pilihlah bibit yang memiliki kualitas yang baik, tidak cacat dan umurnya cukup untuk digunakan beternak burung walet. Selain itu anda juga bisa memilih telur burung walet yang dibeli di pasaran dengan cara menerawang di lampu 5 watt untuk mengecek telur tersebut bisa menetas apa tidak. Selain kedua cara di atas, anda juga bisa meningkatkan populasi burung walet dengan memperhatikan lingkungan sekitar rumah walet apakah sudah sesuai dengan kriteria di atas apa belum. Hal ini penting karena semakin banyak burung walet nya maka sarang burung walet nya juga semakin banyak.

  1. Proses pemanenan

Setelah burung walet membuat sarang, tugas anda selanjutnya adalah memanen sarangnya. Ada tiga cara memanen sarang burung walet, ada yang menggunakan teknik rampasan, membuang telur burung, dan penetasan burung walet. Ketiga cara tersebut dijamin tidak akan merusak kualitas sarangnya.

gambar burung walet

Sekian ulasan kami mengenai cara beternak burung walet rumahan dengan mudah dan cepat. Semoga dengan menerapkan ketiga cara ini, usaha sarang burung walet anda bisa terus lancar dan menghasilkan keuntungan yang banyak.

Leave a Reply